17/07/13

Mari ngeblog, mari cari duit!

Satu postingan lagi dari gue yang mungkin bisa memotivasi temen-temen semua yang membaca postingan ini. Seperti yang bisa dilihat dari judul di atas, tentu semua orang punya motivasi sendiri untuk memulai blogging. Ada yang hobi, mencari uang, promosi, hingga jualan pun dapat dilakukan di blog. Tapi ada 1 hal yang mungkin tidak

Satu pertanyaan dari gue sebelum gue lanjutin, lo penah ga sih mikir bisa dapet penghasilan sendiri di saat msh sekolah?? Mungkin kalo untuk temen2 gue, pasti ga ada yang kepikiran.. "selama masih ada ortu ya santai aja" yaa kira2 begitulah jawaban salah satu temen gue. Tapi ini berbeda dengan gue, seorang anak remaja yang udah biasa hidup sendiri di ibukota ini.. Hihihi. FYI, bisa dibilang gue ini anak kost, kadang gue bisa ga ketemu sm ortu selama sebulan.. Sedih? Kesepian? BT? Sama sekali engga buat gue. Gue sadar dengan kehidupan gue yang kaya gini, gue lebih bisa ngelolah hidup gue sendiri.
emang sih ya gue msh SMK, tapi pemikiran gue udah jauh smpe masa depan (kata temen2 gue sih) hehehe. Beberapa bulan yang, setelah kepala gue ketabrak tangga kostan gue, gue jadi sadar! Kalo gue ga selamanya bergantung sm nykp gue!! Gue udh kost sendiri, tp soal duit msh di supply mama gue.. WAKE UP DUDE!! I must find my own money! Gue diskusiin hal ini sama temen gue, dia juga termasuk 'mantan' anak kost. Dia sependapat sama gue, rupanya dia juga lg butuh duit.. Akhirnya dengan modal yang pas-pasan gue coba ke warnet, cari info tentang kerja magang di jakarta untuk seumuran gue.. Anjritt!! Susah bgt cari kerja d jakarta -______-
Gue sadar, di jakarta lo ga bisa ngarepin kerja part time. Gue beralih ke kerja online. Gue nemu 1 website yang bisa ngasih duit cuma2, yaitu www.megatypers.com gue bingung pas daftar di web itu, ini kerjanya ngapain???? Baru beberapa lama setelah gue udek-udek tuh website, kerjanya sebagai data entry. 1000 data harganya $1.00 lumayan ga tuh?? Akhirnya gue jalanin kerjaan itu sampe sekarang, walaupun gue susah online sekarang.
Ada 1 lagi kerjaan yang bisa kita kerjaain di internet, selain yang gue sebutin di atas. Medianya ada blog seperti yang lo baca ini.
"gimana caranya ngasilin duit di blog??"
Haha tenang, bagi lo semua yang doyang ngeblog, suka posting di blog DAN blog lo rame pengunjung, lo bisa terapin cara ini. Pake GOOGLE ADSENSE. Lo pernah ga buka blog, dan ada iklan di blog itu? Nahh itu dia. Setiap ada yang klik iklan itu, uang lo dari google akan bertambah. Kalo uang lo udah melebihi batas minimal, uang itu akan dikirim pada awal bulan berikutnya oleh google.
Buat bukti aja yah, banyak kok temen gue yang juga bisa dapet duit dari google adsense. Ada salah satu temen gue yang udh lulus kuliah di salah satu universitas di jakarta. Sampe saat ini, kurang lebih ada 90 blog yang dia kelola. Sampe-sampe dia make beberapa karyawan buat ngurusin blog-blognya. Emang gila tuh orang. Dan pas gue liat scan salah satu "gaji" dia dari google, gue mangap 3 hari.
Iya, itu baru salah satu dari beberapa paymentnya.. Soalnya dia juga ngedaftar adsense pake nama bini dan sodara-sodaranya. Jadi, gajinya banyak!
Nah.. Mari kita beranjak ke cara ngasilin duit dari blog! Yeyeyey.. Ulalalala~
Ngasilin duit dari blog ada beberapa cara. Ada yang PPC, PPV, ada juga yang PPP:
- PPC : Paid Per Click - PPV : Paid Per View - PPP : Paid Per Post
Nah, untuk pemula mungkin cara PPC adalah yang paling simpel. Lagian, untuk di postingan ini gue mau lebih konsen ke Google Adsense sebagai boss yang akan menggaji kita. Di PPC ini, kita bakal dibayar berdasarkan berapa klik yang orang lakuin ke banner iklan di blog kita. Itu nanti bakal dikalikan dengan CPC (Cost Per Click) atau tarif per klik. Tarifnya emang beda-beda, tergantung jenis iklannya. Bisa dari 0,01 Dollar sampe 0,5 Dollar (itu pengalaman gue sih, mungkin di luar ada yang dapet CPC lebih gede). Jadi misal di blog lo ada 10 orang ngeklik iklan dengan CPC 0,5 Dollar dalam sehari, artinya lo dapet 5 Dollar di hari itu. Nah menurut pengalaman gue, iklan yang paling tinggi CPCnya adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan dunia medis.
Bagi lo yang mau ngedaftar google adsense, lo bisa searching di mbahh google.. Tapi ingat, data lo harus valid dan pasti, karena data lo nanti akan lo pake buat ambil uang lo di western union. Mungkin ini aja yang bisa gue ppsting saat ini, postingan selanjutnya akan nyusul ya... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

`

`